Mengenal Operating System ( OS ) pada Komputer


Pada artikel ini saya akan membagikan materi tentang Operating System ( OS ) , bagi kalian yang belum tau dan masih mencari tau apa si Operating System ( OS ) itu ? Bagaimana si cara kerjanya dan untuk apa si ? untuk menjawabnya marilah pelajari materi ini dengan cermat...



Dalam ilmu komputer, sistem operasi atau dalam bahasa inggris : Operating System atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi – operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program – program pengolah kata ( Contoh : Microsoft Word ) dan browser web (Mozilla Firefox dan Google Chrome).

Sistem Operasi secara umum terdiri daru beberapa bagian sebagai berikut :

a.       Mekanisme boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memori.
b.       Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi.
c.       Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
d.       Pustaka – pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat di panggil oleh aplikasi lain.
e.       Driver untuk berinteraksi dengan Hardware Eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Seiring dengan dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang di sediakan oleh Sebuah Operating System atau OS , kini telah menyediakan layanan Network dan Konektivitas Internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lain – nya , seperti Virus.

Sistem operasi utama yang di gunakan komputer sistem umum ( termasuk PC, komputer personal ) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu sebagai berikut :

a.       Keluarga Microsoft Windows

Sistem operasi yang termasuk keluarga Windows antara lain Windows Dekstop Environment ( versi 1.x hingga versi 3.x ), Windows 9x ( Windows 95, 98, dan Windows ME ), dan Windows NT ( Windows NT 3.X, Windows NT 4.0 Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 ( seven ) yang dirilis pada tahun 2009 , Windows 8 yang dirilis pada tahun 2012 , dan kini telah ada Windows 10 yang dirilis pada tahun 2015.

b.       Keluarga Unix

Sistem Operasi yang termasuk keluarga unix menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD ( Berkeley Software Distribution ), GNU/Linux, MacOS/X ( berbasis kernel BSD yang di modifikasi dan di kenal dengan nama Darwin ) dan GNU/Hurd.

c.       Mac Os

Sistem Operasi yang di gunakan untuk komputer keluaran Apple yang biasa di sebut Mac atay Macintosh. Sistem Operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 ( Snow Leopard ). Pada musim panas 2001 telah di luncurkan versi 10.7 ( Lion ), dan pada sekarang Apple memperkenalkan OS X 10.10 Dengan Nama “ Yosemite ”.


           Sistem Operasi mempunyai dua tugas utama , yaitu :

a.       Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer ( sebagai resource manager ).
b.       Sistem Operasi sebagai penyedia layanan ( sebagai extended/virtual machine ).

Sasaran dari Sistem Operasi ini adalah :

a.       Kenyamanan, harus membuat penggunaan komputer menjadi nyaman.
b.       Efisiensi, menjadikan penggunaan sumber daya komputer secara efisien.
c.       Mampu berevolusi, harus di bangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengajuan fungsi – fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang di jalankan oleh Sistem Komputer.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Ketentuan Berkomentar :

1. Link Aktif tidak akan Di tampilkan.
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel ( sara, pornography, provokasi dan promosi produk )
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Selamat Berkomentar ... :) EmoticonEmoticon