Taukah kamu, Siapa Pembuat Komputer Pertama ?


Zaman sekarang komputer telah menjadi kebutuhan mutlak khususnya di dunia bisnis. Namun di tingkat rumah tangga komputer juga semakin dibutuhkan. Tapi apakah Di antara kalian ada yang tau atau memang sudah tau siapa pembuat komputer pertama ? ok langsung saja penjelasan nya.
Jadi komputer pertama kali dibuat berupa mesin hitung dengan teknologi yang sangat sederhana. Sesuai namanya, komputer maksudnya adalah alat atau mesin hitung data.



Menurut Ilmukomputer.com , sejarah penemuan komputer di awali ketika Charles Babbage ( 1791-1871 ), membuat mesin hitung yang dinamakan Difference Engine. Mesin itu menjadi salah satu ikon yang terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis yang pertama. Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer.
Nama Babbage diabadikan dalam sebuah yayasan yakni The Charles Babbage Foundation sebagai penghargaan atas kontribusinya terhadap dunia komputer. Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Soutwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Pria ini memiliki kelebihan di bidang matematika.
Di usia 20 tahun , Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika terutama di bidang fungsi kalkulus. Tahun 1816, ia terpilih sebagai anggota Royal Cociety ( Organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya , masih aktif hingga kini )dan memainkan peran penting di Yayasan Astronomical Society ( Organisasi Astronomi dan Geofisika Inggris Raya. Masih Aktif hingga kini ) pada tahun 1820.
Tahun 1821 Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun tabel matematika. Saat melengkapi mesin tersebut di tahun 1832, Babbage mendapatkan ide tentang operasi aritmatika. Mesin ini dinamakan Analytical Engine pada tahun 1856. Alat ini mampu memanipulasi simbol-simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer seperti sekarang, ciri-cirinya antara lain adalah penggunaan unit memori untuk memasukan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Mesin Hitung



Namun sayang, hanya sedikit sisa peninggalan dari Prototipe Mesin Difference Engine karena kebutuhan mesin tersebut melebihi teknologi yang tersedia pada zaman itu. Walaupun pekerjaan Babbage dihargai oleh berbagai institusi sains, Pemerintah Inggris menghentikan sementara pendanaan untuk Difference Engine pada tahun 1832, dan akhirnya dihentikan seluruhnya tahun 1842.
Tahun 1828-1839, Babbage mendapat gelar The Lucasian Chair Of Mathematics ( Gelar professor matematika paling bergengsi di dunia ) dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain. Diantaranya menciptakan sistem ps modern di inggris, menyusun tabel asuransi oertama, menemukan Locomotif Cowcather ( Struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan ). Selain itu Babbage juga menyumbangkan ide-idenya di bidang ekonomi dan politik.


Kegigihan Babbage untuk Menemukan mesin hitung tersebut patut kita teladani dan semoga memacu semangat pembaca dalam belajar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Ketentuan Berkomentar :

1. Link Aktif tidak akan Di tampilkan.
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel ( sara, pornography, provokasi dan promosi produk )
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Selamat Berkomentar ... :) EmoticonEmoticon