Jenis Komputer Berdasarkan Kemampuan

Jenis Komputer Berdasarkan Kemampuan


Komputer zaman sekarang sudah merupakan barang yang tidak asing lagi, bahkan merupakan sebuah kebutuhan, dari segi disain dan fungsinya berbagai jenis komputer telah di ciptakan untuk mempermudah kinerja para penggunanya dan memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Dan jenis-jenis komputer tesebut diberikan nama sesuai dengan fungsinya masing-masing antara lain mari kita lihat beberapa jenis komputer 

Berdasarkan kemampuannya komputer di bagi menjadi empat, yaitu :

1. Mikrokomputer




Komputer jenis ini adalah komputer yang biasa kita lihat dan pakai. Komputer jenis ini hanya bisa melayani 1 orang pemakai pada satu waktu. Komputer jenis ini harga lebih murah daripada komputer jenis lain. Komputer jenis ini biasanya hanya memiliki satu buah prosessor utama. Prosessor yang biasa di gunakan untuk jenis PC dan Laptop/Notebook adalah prosessor buatan Intel , VIA dan AMD. Komputer yang termasuk komputer ini dalah PC, Laptop/Notebook, Palmtop dan PDA.
GAMBAR

2. Minikomputer




Komputer jenis Minikomputer dan seterusnya sekarang sering disebut komputer server. Komputer jenis ini mampu menangani banyak pemakai pada saat yang bersamaan ( sekitar 4.000 ). Sistem ini dapat di gunakan dengan mikrokomputer yang di hubungkan dengan minikomputer atau menggunakan komputer terminal ( komputer dengan monitor, keyboard dan mouse tapi tanpa media penyimpanan tetap seperti hard disk ). Komputer jenis ini biasanya adalah komputer server untuk suatu perusahaan. Komputer server biasanya memiliki lebih dari satu prosessor utama. Prosessor yang di gunakan adalah jenis Prosessor Xeon, Opteron dan Prosessor khus server dari IBM dan Sun Microsystem. Komputer server adalah komputer khusus yang berisikan data untuk di akses oleh komputer lain dari LAN atau internet.

3. Mainframe



Komputer ini pada dasarnya sama dengan minikomputer tetapi memiliki kemampuan lebih tinggi dan mampu menangani ribuan atau jutaan pemakai pada saat yang sama. Komputer ini juga memiliki kemampuan menyimpan data dalam jumlah yang besar. Contoh komputer jenis ini adalah komputer server untuk website besar seperti Amazon, Google, dan Yahoo yang mampu melayani permintaan jutaan pemakai setiap harinya. Komputer mainframe juga di gunakan pada studio film untuk pembuatan film 3 dimensi. Komputer jenis ini berukuran besar sehingga membutuhkan ruangan yang besar. Komputer jenis ini merupakan gabungan dari banyak komputer. Prosessor yang digunakan sama dengan yang digunakan minikomputer tetapi dalam jumlah yang lebih banyak. Beberapa minikomputer memiliki kemampuan yang mendekatim superkomputer dalam mengolah data.


4. Superkomputer


Superkomputer adalah komputer dengan kemampuan memproses data yang besar dengan kecepatan tinggi. Komputer ini di gunakan untuk peramalan cuaca, riset, dan pengeboran minyak. Komputer ini sekarang terdiri dari ribuan komputer server yang digabungkan menjadi satu. Pembuat superkomputer ini antara lain IBM dan HP.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
20 April 2018 at 11:52 delete

recomeded banget buat yang lagi nyari komputer

Reply
avatar

Ketentuan Berkomentar :

1. Link Aktif tidak akan Di tampilkan.
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel ( sara, pornography, provokasi dan promosi produk )
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Selamat Berkomentar ... :) EmoticonEmoticon