Program Aplikasi Berbasis Pengolah Grafis

Program AplikasiBerbasis Pengolah Grafis



                    Program Aplikasi pengolah grafis digunakan untuk membuat dan mengedit gambar. Umumnya amat berguana bagi para arsitek, disainer, pembuat klip dan film.
Berikut ini beberapa aplikasi yang sering di gunakan, sebagai berikut :

a)      Corel Draw
Corel Draw adalah editor grafik vector yang dibuat oleh corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, kanda. Veri terakhirnya versi 13 yang dinamai X3 dirilis pada januari 2006. Corel Draw pada awalnya di kembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 , Windows XP, Windows 7, Windows 8  hingga Windows 10. 


 Versi CorelDraw untuk Linux dan Mac OS pernah di kembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.



b)      Gnuplot
Gnuplot adalah suatu pogram perintah-baris fleksibel yang yang dapat diigunakan untuk menghasilkan baik grafik dua maupun tiga dimensi. Program ini  umumnya dapat berjalan hampir pada semua kenis komputer dan sistem operasi, walaupun pada awalnya ia diturunkan dari program yang berasala dari sistem operasi Unix. Gnuplot dapat di katakan sebagai suatu program yang telah memiliki sejarah panjang, boleh dikatakan sejak tahun 1986.


Gnuplot dapat menghasilkan keluaran langsung ke layar, sebagaimana pula ia dapat menghasilkan keluaran dalam bentuk berkas grafik dengan beragam format. Diantara format-format yang didukung adalah PNG, EPS, SVG, JPEG, LaTeX, PostScript, PDF, GIF, CorelDraw dan banyak format lainnya.

c)       Adobe Photosop


Adobe Photosop atau biasa disebut Photosop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang d khususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak di gunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga di anggap sebagai pemimpin pasar ( Market Leader ) untuk perangkat lunak pengolah gambarm , dan bersama Adobe Acrobat, di anggap sebagai produk terbaik yang pernah di produksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photosop CS, Versi sembilan disebut Photosop CS2 dan demikian seterusnya.
Photosop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS , Versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

d)      AutoCAD


AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan adalah software CAD yang paling banyak di gunakan di dunia.
AutoCAD di gunakan oleh insinyur sipil, developers, arsitek , insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.

e)      LightWave
LightWave ( atau LightWve 3D ) adaah sebuah program grafik komputer untuk pemodelan 3D, Rendering dan Animasi. Meskipun program ini berasal dari Commodore Amiga, dia telah diport untuk mendukung Mac OS X, Windows dan mesin rendernya telah diport ke platform Linux. Dikembangkan oleh NewTek, Inc.
Seri terbarunya adalah 8.5 yang diluncurkan pada oktober 2005.



Lightwave telah sejak lama dikenal karena kemampuan renderingnya yang bagus dan antarmuka pengguna yang tidak biasa.

f)       Maya
Maya adalah sebauh perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation digunakan dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Maya dapat digunakan pada OS seperti Windows, Mac OS X dan Linux. 

Pengeluaran terbaru nya adalah seri 10.0 pada tahun 2009.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Ketentuan Berkomentar :

1. Link Aktif tidak akan Di tampilkan.
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel ( sara, pornography, provokasi dan promosi produk )
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Selamat Berkomentar ... :) EmoticonEmoticon