Perangkat Pendukung Jaringan

Perangkat Pendukung Jaringan

       Untuk mendukung keberadaan perangkat server dengan sejumlah prangkat Workstation yang ada ke dalam sebuah jaringan Local Are Network , maupun yang memiliki cakupan yang lebih luas seperti halnya Internet, maka diperlukan  perangkat pendukung Koneksi.


Perangkat pendukung yang umum digunakan untuk koneksi jaringan antara lain : Network Interface Card ( NIC ), Kabel jaringan, Hub dan perangkat yang lain nya untuk berkoneksi dengan Internet seperti Modem, Router, Repeater, Bridge, dan lain-lain.

1.       Modem
Modem terdiri atas dua macam yaitu modem internal ( modem yang melekat dalam Motherboard ) dan Modem Eksternal ( Modem yang berada diluar CPU ). Modem berfungsi sebagai antar muka yang menghubungkan antara internet ke jaringan internet melalui line telephon ( dial-up atau Akses lain ). Modem bertugas merubah bahasa tulisan menjadi bahasas suara demikian sebaliknya bahasa suara dirubah menjadi bahasa tulisan.


Modem pada jaringan telepon mempunyai kecepatan beragam hingga mencapai 56.600 bit per detik ( 56kbps). Hal ini berbeda dengan modem ISDN dan DSL dimana tahap komunkasi adalah lebih tinggi  ( diantara 64 kbps – 128 kbps ) ini disebabkan Modem ini menggunakan jaringan optik fiber.

Dengan teknologi K56Flex, data yang melalui jaringan telepon ini dapat ditingkatkan hingga kecepatan 56 Kbps, Maka sekarang inilah kita mengenal modem K56Flex V.90. V.90 adalah protokol yang dipakai oleh modem, modem mencapai kecepatan 56 Kbps, Kecepatan  transmisi ini hanya dapat dicapai jika host server mengguakan modem jenis yang sama. Pada DSL terdapat berbagai jenis DSL. Misalnya Asymetric DSL ( ADSL ) untuk keperluan akses cepat Internet, untuk perusahaan – perusahaan ada High Speed DSL ( HDSL ) , Single Pair HDSL ( SHDSL ) , Synchonized Symetric DSL  SSDSL ) dan gabungan antara serat optik Very High DSL ( VDSL ). Selain itu juga dikembangkan teknologi cable modem yang memiliki kecepatan transmisi lebih tinggi di bandingkan teknologi modem konvensional. 

2.       Router

Pada jaringan yang besar seperti internet diperlukan adanya Router. Router dapat berupa diperlukan adanya Router. Router dapat berupa suatu alat ( dedicated ) atau berupa suatu aplikasi. Aplikasi router tereliminasi disebuah komputer personal sehingga sering dikenal dengan istilah PC router . router sering berfungsi untuk memutuskan pad titik manakah paket data harus diteruskan. Router dapat memutuskan jaringan mana yang akan menerima paket data yang  diditeruskan oleh router . router umum nya terletak pada gateway suatu jaringan.

3.       Line telepon

Line telepon merupakan jaringan  telepon yang terhubung dengan pesawat telepon di rumah .ujung sambungan line telepon yang merupakan konektor dapat dihubungkan langsung ke modem yang sebelumnya telah tersambung dengan komputer. Atau bila di kehendaki untuk di pergunakan bersama dapat di hubungan dengan hub untuk penggunaan internet pada jaringan LAN.




Bridge adalah alat yang menghubungkan sebuah LAN dengan LAN yang lain dengan teknologi yang sama . Bridge akan memisahkan data mana yang harus di kirimkan pada LAN-nya sendiri atau dengan LAN lain yang terhubung. Perangkat ini bekerja dengan lvel data link ( phtsical network ) disuatu jaringan. Bridge menyalin fame data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain sepanjang jalur komunikasi  yang terjalin. Beberapa produk dari bridge dapat berfungsi juga sebagai router sehingga dikenal dengan istilah brouter ( bridge-router ).

5.       Proxy

Proxy adalah perangkat atau suatu aplikasi yang berfungsi untuk menyaring permintaan pada suatu server. Jika proxy mampu memberikan data  yang  diminta maka proxy akan melayani permintaan data tersebut. Jika data tidak dimiliki oleh proxy maka proxy akan meneruskan permintaan tersebut pada server yang sesungguhnya.

6.       Hub

Hub adalah alat yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima data dan meneruskan nya menuju tempat yang lain. Hub terdiri dari port-port RJ-45 Female sehingga kabel-kabel twisted pair yang sudah terpasang konektor RJ-45 dapat di hubungkan dengan Hub. Hub berfungsi sebagai konsentrator atau pembagi agar semua client dan server dapat saling berhubungan dan terintegrasi dengan baik.

Hub digunakan dalam topologi Star dan dapat di paralel hingga maksimum tiga buah hub. Hub dipasaran beredar dengan jumlah port 5 por, 10 port. 12 port. 16 port, 24 port, 32 port dan yang terbesar dengan 64 port. Untuk jaringan yang menggunakan hub parallel lebih dari 3 buah, diperlukan sebuah router untuk menghubungkan hub yang keempat ( jika ingin menambah hub lagi ).

7.       Switch

Switch atau swicth hub pada dasarnya sama fungsinya dengan hub. Swicth mempunyai kemampuan mentransfer data hanya pada port yang di tuju saja, berbeda dengan hub yang mem-broadcast data yang datang kesemua port yang dimiliki termasuk port tempat data tersebut berasal. Secara umum pada laboratorium komputer yang menggunakan jaringan LAN perangkat ini jarang kita karena fungsi dari perangkat ini telah terwakili oleh HUB.

8.       Gateway

Gateway adalah suatu network point yang berfungsi sebagai pintu gerbang bagi jaringan yang lain. Gateway dapat berupa perangkat atau aplikasi yang terinstalasi pada suatu komputer. Pada sebuah ISP atau jaringan yang besar, gateway berfungsi untuk mengontrol arus yang melewatinya.

9.       Acces Point

Acces Point adalah alat bantu pada jaringan wireless atau WLAN. Acces  point menerima dan memancarkan kembali data yang berupa gelombang. Acces point menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lain pada WLAN dan kadang berfungsi pula sebagai jembatan ( BRIDGE ) antara WLAN dengan jaringan yang menggunakan kabel. Acces point memiliki fungwsi yang sama seperti Hub bagi jaringan menggunakan kabel. WLAN berukuran kecil menggunakan satu acces point saja namun untuk WLAN yang besar membutuhkan beberapa Acces Point sekaligus.

10.   Network Interface Card ( NIC )

Network Interface Card ( NIC ) atau LAN Card adalah sebuah komputer circuit board atau kartu yang terpasang pada sebuah komputer sehingga komputer tersebut mampu terkoneksi pada jaringan. NIC menyediakan antar muka ke media. NIC dapat menggunakan transceiver eksternal atau melalui transceiver internal terintegrasi yang dipasang pada Network Interface Card PCB.  NIC umumnya dilengkapi dengan protocol control firmware atau ethernet Controller yang dibutuhkan untuk mendukung protocol data-link Medium Acces Control ( MAC ) yang digunakan oleh Ethernet.

Pada komputer personaldan workstation dalam suatu Lokal Are Network ( LAN ) biasanya terpasang Network Interface Card ( NIC ) yang di desain khusus untuk transmisi data pada LAN. Teknologi pada LAN Card yang umumnya  di gunakan adalah Ethernet atau Token Ring. Secara umum Lan Card yang ada di pasaran menggunakan teknologi Ethernet Card. Teknologi Ethernet di kembangkan oleh perusahaan Xerox.

Gambar Ethernet card yang terpasang dalam slot board

11.   Media Transmisi




Media Transmisi adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengirimkan data pada jaringan. Data yang di transmisikan dalam bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan media transmisinya. Untuk media transmisi kabel, data akan diubah mejadi daya listrik, Sedangkan Pada media transmisi tanpa kabel, data akan diubah mejadi gelombang. Sementara untuk fiber optil, meskipun tergolong media transmisi berwujud kabel namun data di transisikan dalam bentuk cahaya sehingga kecepatannya sangat tinggi.

Kabel merupakan media transmisi yang paling banyak dan umum kita jumpai dalam setiap jaringan network yang dibangun. Jenis kabel yang dapat digunakan sebagai media transmisi jaringan antara lain : Kabel TP ( Twisted Pair ), Kabel Coaxial dan Kabel Fiber Optic.

Gambar Kabel Fiber Optic

Gambar Kabel Coaxial

Selain dapat menggunakan media transmisi kabel, kita juga dapat menggunakan media transmisi nir kabel dengan memanfaatkan berbagai teknologi wireless seperti : Infrared, Bluetooth, Wireless Local Are Network ( WLAN ) dan Very Small Aperture Terminal ( VSAT ).

Seiring dengan kecanggihan teknologi informasi, untuk pembangunan sebuah LAN kita tidak perlu lagi menggunakan UTP Cable yang dimana hanya terbatas pada ruang, yang juga membuat kita sulit untuk ber-mobilitas bahkan dengan installasi yang cukup rumit dan terkesan membuat kotor ruangan karena nampak kabel disana-sini. Sebagai alternatif, kita bisa menggunakan teknologo Bluetooth , Menggunakan teknologi WaveLAN yang bekerja oada 2,4 GHz ( Unlicensed ISM – Industrail, Scientific and Medical ) sehingga kita bisa menggunakan nya beabas tanpa izin frekuensi, jaringan bluetooth ada yang 10 meter dan adapula yang bisa mencapai 100 meter ( bisa menmbus tembol ).

Dengan bluetooth kita bisa menghubungkan 7 PC/Laptop secara bersamaan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Ketentuan Berkomentar :

1. Link Aktif tidak akan Di tampilkan.
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel ( sara, pornography, provokasi dan promosi produk )
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Selamat Berkomentar ... :) EmoticonEmoticon